Home Berita Utama Senator Fachrul Razi isi Workshop Pelatihan Perancangan Hukum Legal Drafting Di UIN...

Senator Fachrul Razi isi Workshop Pelatihan Perancangan Hukum Legal Drafting Di UIN Ar-Raniry

116
0
Senator Fachrul Razi isi Workshop Pelatihan Perancangan Hukum Legal Drafting Di UIN Ar-Raniry. (Alja)

Advokasirakyat.id | Banda Aceh – Senat Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry adakan Workshop Pelatihan dan Perancangan Hukum Legal Drafting di Aula Rektorat lt. III, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Jumat (6/12).

Senator Aceh (Fachrul Razi,M.IP) salah satu Pemateri di acara tersebut menjelaskan tentang bagaimana konsep perancangan Hukum legal drafting dengan baik, dan bagaimana melahirkan produk hukum yang di kemas nantinya dengan baik dab bisa kita implikasikan di daerah kita ini, Paparnya.

Selain itu, Fachrul juga mengatakan tentang penjabaran wewenang DPD RI (Dewan Perwakilan Daerah) dan yang membedakan dengan DPR (Dewan Perwakilan Rakyat).

Dalam konsep penyusunanpun agak berbeda caranya. Sebagaiaman kita ketahui bahwa penyusunan RUU itu ada Undang-Undangnya yang mengatur cara dan proses lahirnya sebuah RUU (Rancangan Undang-Undang, Tambah Senator Aceh ini.

Prinsip- prinsip legal drafting di Indonesia berdasarkan pendekatan empiris. (Sesuai pesanan), maka untuk menyusun/mengkonsepkan Legal drafting itu harus benar-benar di sokong oleh para akademisi murni, agar muatan-muatan yang di tuangkan dalam UU mendapatkan hasil yang produktif dan aktual sebagaimana yang mau kita jalankan kedepan dan bisa mengakomodir kepentingan orang banyak.

“Di Negara luar Hukum adalah panglima, di Negara kita ini Politik adalah Panglima”. Sebagai generasi penerus bangsa, kalian yang kuliah di fakultas Hukum lah yang nantinya memberi solusi cerdas dan penuh dengan kepercayaan untuk memperbaiki sistem, dan terakhir saya berpesan jangan jadi generasi yang celaka, padahal kalian paham hukum. Jadilah parlemen jalanan bila ada kesalahan, jangan biarkan mafia masuk keluar kandang, tapi jadilah mafia itu tidak berkutik dengan mengedepankan azas hukum yang murni. Tegas Fachrul di sambut Tepuk tangan meriah seluruh peserta.

Suasana Workshop Pelatihan Perancangan Hukum Legal Drafting.(Alja)

Kendati demikian, dalam sambutan pembukaan acara, Wakil dekan I Fakultas Syariah (Bapak Bismi) memberi support penuh terhadap kegiatan ini, ia mengatakan ini adala bentuk kegiatan sangat esensial, apalagi didalamnya ada materi prancangan hukum “Bagaimana kita membuat sebuah rancangan hukum dimulai dari undang-undang, kepres, sampe ke peraturan desa sekalipun, ini kita harus paham betul”, Sebutnya.

“Belajarlah menlegaldaftingkan Hukum, Agar bisa terealiasisasi hukum dengan baik, ini merupakan momen yang sangat bermanfaat sekali, dicatat dan di dengarkan agara bisa membuat draf hukum dengan baik, anaknya dengan serius kepada mahasiswa. (Alja)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here