Home Berita Utama Mahlil Mahasiswa Ilmu Hukum: Mendesak Agar Segera Dilaksanakan Pemilihan DEMA/SEMA UIN Ar-Raniry,...

Mahlil Mahasiswa Ilmu Hukum: Mendesak Agar Segera Dilaksanakan Pemilihan DEMA/SEMA UIN Ar-Raniry, Jika Tidak SEMA Dibekukan Saja

247
0

Advokasirakyat.id | Banda Aceh – Mahlil Ridwan salah satu mahasiswa Ilmu Hukum UIN Ar-Raniry mendesak untuk melaksanakan Musyawarah Besar (MUBES) untuk pemilihan Ketua DEMA-U dan SEMA-U di UIN Ar-Raniry seharusnya telah dilaksanakan. Mengingat jika dalam waktu dekat ini tidak dilaksanakan maka akan terjadi pemotongan leting di Universitas.

Perlunya pemilihan ketua baru adalah untuk adanya sirkulasi politik kampus dalam memimpin pergerakan mahasiswa/i UIN Ar-Raniry kedepan, maka tak elok jika pemilihan atau mubes ini belum terlaksanakan mengingat sekarang sudah memasuki pertengahan bulan Januari 2020.

Ada beberapa permasalahan Internal yang menyebabkan mubes untuk pemilihan ketua DEMA-U untuk periode 2020-2021 terhambat tanpa kejelasan dari pihak penanggung jawab. Yaitu belum terbentuknya panitia pelaksana yang memiliki legal standing untuk menyelenggarakan mubes ini. Memang betul pada bulan Desember 2019 lalu telah dibentuk panitia pelaksananya. Namun, belum memiliki legal standing atau ketetapan hukum yang sah bagi panitia tersebut untuk menjalankan amanah demokrasi guna memilih pemimpin baru di masa transisi kepemimpinan ini.

Harapan saya selaku mahasiswa UIN Ar-Raniry, agar SEMA-U dapat menjalankan tanggung jawabnya sebagai lembaga pelaksana untuk mubes SEMA-U dan DEMA-U. Penyelesaian masalah ini dapat diselesaikan oleh SEMA-U dengan membentuk Penanggung Jawab Sementara (PJS) yang akan menggerakkan mubes DEMA-U dan SEMA-U di tahun 2020 ini. Jika tidak, solusi terakhir yang terbaik adalah dengan membekukan SEMA-U dan DEMA-U oleh Wakil Rektor III. Karena lembaga tersebut tidak mampu menjalankan amanahnya sebagai badan legislator dan eksikutor di sebuah Universitas sehingga keteledoran ini akan menyebabkan kampus yang kita cintai ini kekosongan seorang pemimpin mahasiswa/i UIN Ar-Raniry kedepan. Tegas Mahlil (Agus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here