Home Berita Utama Bertemu dengan Dubes India, Senator Aceh minta Beasiswa Prioritas Untuk Aceh

Bertemu dengan Dubes India, Senator Aceh minta Beasiswa Prioritas Untuk Aceh

47
0
Bertemu dengan Dubes India, Senator Aceh minta Beasiswa Prioritas Untuk Aceh. (Foto : Ist)

Advokasirakyat.id | Jakarta – Senator Aceh Fachrul Razi mengadakan pertemuan Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) dalam pertemuan (Courtesy Call) bersama Duta Besar India untuk Indonesia di Kedutaan India, Kuningan, Setia Budi, Kota Jakarta Selatan, Kamis (13/2).

Dalam pertemuan dengan Duta Besar India untuk Indonesia, Pradeep Kumar Rawat, Senator DPD RI asal Aceh Fachrul Razi mengusulkan bantuan India untuk beasiswa dan kerjasama di beberapa bidang pendidikan. “Dalam hal ini merajut perkembangan pendidikan bertukar ide dan pikiran dalam pembangunan SDM kedua negara, saya berharap India memprioritaskan beasiswa kepada pemuda khususnya Pemuda Aceh yang ingin mengambil studi ke India” ujarnya.

Menurut Fachrul Razi, Aceh memiliki letak yang strategi dalam rangka investasi India di Aceh, oleh karena itu kerja sama pembangunan insfrastruktur juga harus di perkuat dengan pemberian beasiswa kepada anak anak Aceh agar dapat mengenyam pendidikan S1, S2 dan S3 di Indonesia baik bidang teknologi maupun bidang lainnya.

Sebagaimana diketahui sesuai letak peta, Aceh memiliki Posisi strategis dalam implementasi kerja sama Indo-Pasifik. Selain letak, India dan Aceh telah lama merajut hubungan budaya dan sosial masyarakat Aceh kental dengan budaya dari India seperti Khanduri, serta beberapa makanan, bumbu khas kari mengadopsi dari India jelas senator kepada media, (13/2).

Pertemuan tersebut sebagai bentuk merajut kerjasama yang sebelumnya telah menjadi prioritas Pemerintah Aceh dengan India dalam hal ini konektevitas penghubung dari bandara di Aceh ke Port Blair di Pulau Andaman dan Nicobar. Kerja sama bidang infrastruktur, konektivitas pariwisata, perikanan, dan energi yang akan diusung pada Pertemuan Joint Task Force pengembangan konektivitas Aceh dan Kepulauan Andaman-Nicobar.

Pertemuan Courtesy Call bersama Duta Besar India untuk Indonesia hadir Wakil Ketua DPD RI, Sultan B Najamuddin, Ketua BKSP DPD RI, Gusti Farid Hasan, dan Anggota BKSP DPD RI lainnya. (Alja/Isan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here