Home Berita Utama Khanduri Apam Di Gampong Blang Glong Pidie Jaya

Khanduri Apam Di Gampong Blang Glong Pidie Jaya

112
0
Khanduri Apam Di Gampong Blang Glong Pidie Jaya. (Alja)

Advokasirakyat.id | Pidie Jaya – Masyarakat Gampong Blang Glong Kecamatan Bandar Baru, Pidie Jaya, menggelar kenduri apam di Meunasah gampong setempat pada Minggu, 15/03/2020.

Tradisi ini dalam rangka memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW di akhir bulan rajab, sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Aceh untuk mengadakan Khanduri pada bulan menyambut Isra Mi’raj. Kegiatan memasak apam ini  dilakukan oleh kaum ibu di desa.

Konon katanya Pertama sekali yang harus dilakukan untuk memasak apam adalah dengan menumbuk tepung dari beras nasi. Tepung tersebut lalu dicampur santan kelapa dalam sebuah periuk besar.

Campuran ini direndam paling kurang tiga jam, agar apam yang dimasak menjadi lembut. Adonan yang sudah sempurna ini kemudian diaduk kembali sehingga menjadi cair. Cairan tepung inilah yang diambil untuk dituangkan ke wadah memasaknya, yakni neuleuek berupa cawan.

Apam tidak dimasak dengan kompor atau kayu bakar, tetapi dengan on ‘ue tho (daun kelapa kering). Malah orang-orang percaya bahwa Apam tidak boleh dimasak selain dengan on ‘ue tho karena berpengaruh pada rasa.

Masakan Apam yang dianggap baik, yaitu bila permukaannya berlubang-lubang sedang bagian belakangnya tidak hitam dan rata (tidak bopeng). Apam paling sedap bila dimakan dengan kuahnya, yang disebut kuah tuhe, berupa masakan santan dicampur pisang klat barat(sejenis pisang raja) atau nangka masak serta gula. (Beni/Alja).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here