Home Agama Rizal : Dana BLT Aceh Selatan Harus Tepat Sasaran

Rizal : Dana BLT Aceh Selatan Harus Tepat Sasaran

78
0
Rizal : Dana BLT Aceh Selatan Harus Tepat Sasaran. (Baini)
Laporan : Syarbaini

AdvokasiRakyat.id | Aceh Selatan – Ketua Pemuda Mahasiswa Sawang Rizal mengajak Seluruh pemuda dan elemen masyarakat Kabupaten Aceh Selatan untuk ikut mengawal proses penyaluran Dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang ada di desa masing-masing yg diperuntukkan bagi warga terdampak Covid-19.

BLT berupa uang dengan nominal Rp 600 ribu untuk masyarakat terdampak COVID-19, bantuan ini bertujuan meringankan beban masyarakat di tengah corona oleh karena itu anggaran ini perlu dikelola dengan baik agar tidak ada yang mengambil untung serta terdapat penyimpangan, jikapun ada yang melakukan pungli, maka akan berurusan dengan pihak berwajib, Selasa (19/05/2020).

Menurut Rizal bantuan BLT untuk warga miskin di Gampong adalah salah satu upaya pemerintah meringankan beban masyarakat akibat wabah Covid-19.  Perlu adanya pengawalan serius  supaya dana yang disalurkan selama tiga bulan ini benar-benar tepat sasaran dan jumlah yang diterima sesuai dengan regulasi yang sudah ditetapkan, Tuturnya.

Dalam hal ini perlu juga ditegaskan,  “jangan sampai tumpang tindih dengan Bantuan dana BST dan program Penerima Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Tunai Non (BPNT), PNS, TNI/Polri.”

Mahasiswa hukum pidana Islam ini menyebutkan bahwa aturan tersebut sudah diatur dalam Permendes PDTT Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Perubahan atas Permendes PDTT Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020 mengatur, yang berhak memperoleh BLT tersebut adalah keluarga miskin non-PKH atau bantuan pangan non tunai (BPNT) yang kehilangan mata pencaharian, belum terdata, dan mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit.

Oleh karena itu, kita juga berharap kepada para petugas pendataan penerima bantuan BLT di gampong, supaya mendata warganya yang betul-betul berhak menerima bantuan ini, agar tidak terjadi kecemburuan sosial di tengah masyarakat. Jangan sampai tumpang tindih dengan bantuan lainnya, sehingga tidak berbenturan dengan regulasi yang sudan ditentukan oleh Pemerintah Pusat, Tambah Rizal Kepada media ini.

Terakhir, ia berharap kepada awak penyalur dana BLT agar proses ini di percepat, gunanya masyarkat yang rentan bisa merasakan dan membeli kebutuhan pokok dalam situasi resah seperti saat ini, demikian kata Rizal. (Baini/Aduen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here