Home Berita Utama ASIA Berikan Penghargaan Sebagai Bapak UMKM Kepada Walikota Banda Aceh

ASIA Berikan Penghargaan Sebagai Bapak UMKM Kepada Walikota Banda Aceh

192
0
ASIA Berikan Penghargaan Sebagai Bapak UMKM Kepada Walikota Banda Aceh. (Alja)
Laporan : Aduen Alja

AdvokasiRakyat.id | Banda Aceh- Mengawali tahun 2021 ini, Asosiasi Saudagar Industri Aceh memberikan piagam penghargaan kepada Walikota Banda Aceh, Bapak H Aminullah Usman, SE.Ak., MM. atas dedikasi, dukungan, dan perhatiannya kepada UMKM Kota Banda Aceh. Piagam penghargaan langsung diberikan oleh Presiden  DPP Asosiasi Saudagar Industri Aceh (ASIA), Teuku Dhahrul Bawadi, dalam sela-sela kegiatan Bazaar UMKM ASIA di halaman Toko Asia Mart Center yang juga merupakan sekretariat ASIA beralamat di Desa Pango Raya, Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh.

Piagam sebagai rasa terima kasih atas dukungan dan keikutsertaan dalam pengembangan  UMKM Aceh juga diberikan kepada Direktur Utama LKM Mahirah Muamalah Syariah Kota Banda Aceh, Bapak T. Hanansyah SE. Ak. CA, kepada Kepala Bank Indonesia, Bapak Ahcris Sarwani, kepada Vice President PT. Pegadaian Syariah, Bapak Ferry Hariawan  dan kepala OJK Kota Banda Aceh, Bapak Yusri.

Ibu ketua Dekranasda kota Banda Aceh juga hadir dalam acara yang dibuka langsung oleh Bapak Walikota Banda Aceh itu.

Dalam kata sambutannya, Presiden ASIA, Teuku Dhahrul Bawadi mengatakan bahwa ASIA akan ikut membantu program pemerintah untuk memajukan UMKM. ASIA merupakan tempat bernaungnya UMKM Aceh untuk tujuan pemasaran produk ditingkat lokal, nasional dan internasional. ASIA telah mendirikan Asia Mart Center di Banda Aceh dan berencana membuka cabang di Jakarta dan  membuka outlet Asia Mart Center di setiap Kecamatan di Banda Aceh ulasnya.

Ia juga mengatakan kedepan PT. Asia Mart Center akan menjadi pusat konsultasi permasalahan yang dialami oleh pelaku UMKM yang ada di Aceh, muai dari packingan, pemasaran, sertifikasi produk serta juga proses Ekspor ke luar negeri.

Teuku Dhahrul Bawadi juga menyebutkan akan membuka klinik UMKM yang akan diperuntukkan untuk pengembangan UMKM Aceh. Beliau sangat mengharapkan dukungan dari pihak pemerintah untuk bisa mewujudkan cita-cita tersebut.

Harapan Presiden ASIA terhadap dukungan dari pemerintah mendapat dukungan yang sangat baik dari Bapak Wali Kota yang mengatakan akan mendukung sepenuhnya pengembangan UMKM Aceh. Beliau mengatakan bahwa ladang ekonomi  masyarakat Aceh adalah UMKM, Sebutnya.

Ada beberapa permasalahan dari pengembangan UMKM menurut Bapak Aminullah yaitu permodalan produksi dan pemasaran. Beliau sangat mendukung adanya pengadaan mesin kemasan oleh pemerintah kota Banda Aceh. Beliau juga berharap ke depan produk UMKM masyarakat Aceh dikenal dimata dunia.

Bawadi juga mengajak masyarakat Aceh untuk mencintai produk UMKM sendiri.
Hal serupa juga disampaikan oleh Kepala Otoritas Jasa Keuangan Bapak Yusri dalam kata sambutannya, menurut beliau permasalahan UMKM saat ini ada pada mesin Packingan dan pemasaran sedangkan permodalan tidak menjadi permasalahan.

Selain itu, menambahkan bagi pelaku UMKM yang kebutuhan modalnya dibawah lima juta rupiah bisa diarahkan ke LKMS Mahirah Muamalah. Sementara untuk UMKM yang membutuhkan permodalan di atas lima juta rupiah bisa diajukan ke perbankan.

Acara bazar ini diikuti oleh puluhan UMKM yang memamerkan produknya. Disamping acara bazar juga ada diadakan pasar murah bahan pokok di toko Asia Mart Center.

ASIA bersama Pemerintah Kota Banda Aceh saling bahu-membahu untuk meningkatkan derajat UMKM Kota Banda Aceh melalui kegiatan rutin Bazaar UMKM yang berlokasi di Asia Mart Center pada hari Selasa, minggu pertama dan minggu ketiga setiap bulannya. Diharapkan melalui Bazaar ini, produk UMKM Kota Banda Aceh bisa semakin terkenal dan digemari oleh masyarakat. (Alja)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here