Home Barat Selatan Wujudkan Klaster Ekonomi Baru, Direktur Poltas Harap Dukungan

Wujudkan Klaster Ekonomi Baru, Direktur Poltas Harap Dukungan

68
0
Wujudkan Klaster Ekonomi Baru, Direktur Poltas Harap Dukungan.(*)
Laporan : Misran,SH

AdvokasiRakyat.id | Tapaktuan – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh, Ir. Fajri, MT secara resmi menutup kegiatan Pelatihan Kerajinan Pengolahan Batu Marmer di Kampus Politeknik Aceh Selatan, Kamis, 8/4/2021.

Pelatihan yang bertema pemberdayaan tenaga kerja berdasarkan potensi ekonomi kewilayahan dan peningkatan kompetensi tenaga kerja ini diselenggarakan atas kerjasama Politeknik Aceh Selatan dan Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk (Disnakermobduk) Aceh sebagai bentuk implementasi MoU yang telah ditandatangani bersama pada 4 Februari 2021 yang lalu di Banda Aceh.

Dalam laporannya Direktur Politeknik Aceh Selatan, Dr. Muhammad Yasar, S.TP., M.Sc menyatakan bahwa pelatihan ini diikuti oleh 20 orang peserta yang berasal dari 3 desa di kecamatan Samadua, yaitu: Gampong Jilatang, Gampong Tengoh, Gampong Kuta Baru dan Gampong Madat.

Diharapkan melalui pelatihan yang berlangsung satu bulan tersebut mampu menyiapkan SDM siap pakai di bidang pengolahan Batu marmer yang potensi ketersediaannya melimpah di kabupaten penghasil pala ini.

Outcome yang kita tuju adalah munculnya klaster ekonomi baru yang mampu menggerakkan kesejahteraan di tengah-tengah masyarakat. Untuk itu Dosen Tetap Universitas Syiah Kuala ini mengharapkan kerjasama lintas sektoral dan Dinas terkait untuk mewujudkan keberlanjutan kegiatan pemberdayaan nya.

Yasar sangat mengapresiasi dukungan Bupati Aceh Selatan yang disampaikan melalui sambutan yang dibacakan oleh Asisten 2 Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Drs. HT. Darisman. Yasar juga mengharapkan dukungan Ketua DPRK Aceh Selatan, Amiruddin yang turut hadir menyerap permohonan dan aspirasi peserta. Namun sangat disayangkan, harusnya anggota DPRK Dapil III juga dapat turut berhadir untuk mensinergikan upaya percepatan realisasi kegiatan produksi di wilayah desa sasaran kegiatan tersebut.

Hal ini disampaikan Yasar menyahuti pertanyaan pihak media terkait undangan terhadap anggota DPRK khususnya Dapil III. Menurut Yasar, pihaknya telah mengundang seluruh anggota DPRK yang dimaksud untuk tujuan sinergisitas. Barangkali dewan kita ada kesibukan lain sehingga berhalangan hadir. Semoga mereka turut mendukung cita-cita menjadikan Samadua sebagai centra marmer di Aceh Selatan.

Hadir dalam acara penutupan tersebut Kadisnakermobduk Aceh, Ir. Fajri, MT, Asisten 2, Drs. T. Darisman, Ketua DPRK Aceh Selatan, Amiruddin, Kadisnakertran Aceh Selatan, Masriadi, Kabid Pelatihan Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja, Aswar, S.Hut, MaP, Camat Samadua, Suhaimi Salihin, S.Ag, dan sejumlah perwakilan Dinas terkait di lingkungan Pemkab Aceh Selatan. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here