Home Berita Utama Dosen USK Bagi Tips Sukses Studi S3 di Australia

Dosen USK Bagi Tips Sukses Studi S3 di Australia

75
0
Dosen USK Bagi Tips Sukses Studi S3 di Australia. (*)
Laporan : Aduen Alja

AdvokasiRakyat.id | Banda Aceh – Dua dosen muda Universitas Syiah Kuala (USK) bagi tips sukses kepada puluhan dosen dan mahasiswa via webinar Postgraduate Student Seminar Series.

Seminar Platform Zoom yang dilaksanakan pada Kamis, (29/7) ini mengusunh tema ‘Road to Study in Australia.’

Dalam Paparan materi, Dr. Iskandar Abdul Samad, MA, Koordinator Magister Pendidikan Bahasa Inggris, USK yang menjadi host pada acara ini mengisahkan tentang tantangan yang dihadapi saat menempuh Pendidikan S3 nya di kampus University of New England, Australia.

“Berbicara tentang tantangan saat menyelesaikan studi S3 di Australia, saya mengalami dua tantangan besar yaitu standar tulisan disertasi dan kultur akademik”, Ujar Iskandar.

Lebih lanjut, Alumni Australia ini menjelaskan bahwa “Kampus di Australia semuanya memiliki reputasi yang sama sehingga mereka memiliki standar penulisan yang tinggi yang harus diikuti”.

“Kemudian supervisor beranggapan bahwa kita adalah ahli dibidang penelitian S3, sementara kita sendiri menginginkan supervisor memberi arahan dari dasar. Inilah yang menjadi mismatch dalam interaksi supervisi S3. Jadi mesti dicari solusi supaya kelar studinya tepat waktu”, tutup Koordinator S2 Bahasa Inggris USK.

Kendati demikian, Dr. Muhammad Aulia, M.TESOL, dosen Magister Pendidikan Bahasa Inggris, USK, dihadapan para peserta webinar memaparkan tiga nasehat dan tips untuk sukses dalam penyelesaian disertasi.

“Ada empat hal yang harus diperhatikan untuk sukses saat studi s3 yaitu manajemen waktu, perluasan jaringan, menjaga komunikasi yang baik dengan supervisor dan menghargai diri sendiri”, ujar Aulia.

Dr Aulia, lebih lanjut memaparkan bahwa study kita di Australia berkesempatan untuk berkontribusi kepada masyarakat.
“Ilmu yang kita peroleh dari luar negeri dapat kita kontribusikan kepada masyarakat secara umum misalnya kepada umat Islam, masyarakat Aceh dan juga komunitas diaspora Indonesia’, tutupnya.

Pada acara Postgraduate Student Seminar Series ini, panitia juga menghadirkan direktur konsultan Pendidikan MBA Pratama dari Jakarta, Yoseph Yandra, B.Bus., MA untuk menjelaskan proses pengurusan admission untuk dapat melanjutkan studi S3 di Australia.

Peserta yang turut ikut pada seminar online ini perwakilan dari Universitas Syiah Kuala, UIN-Arraniry, Universitas Bengkulu, Universitas Negeri Makassar, Universitas Malikussaleh, Universitas Bina Bangsa Getsempena, STIT Darussalam Lhokseumawe, Politeknik Aceh Selatan, Politeknik Kelautan dan Perikanan Aceh, SMAN 6 Lubuklinggau, SMAN 1 Samatiga dan Madrasah Insan Qurani. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here