Home Agama Gampong Tungkob Lakukan Pembagian Zakat Fitra Lebih Awal, ini Tujuannya

Gampong Tungkob Lakukan Pembagian Zakat Fitra Lebih Awal, ini Tujuannya

35
0
Gampong Tungkob Lakukan Pembagian Zakat Fitra Lebih Awal, ini Tujuannya. (*)
Laporan : Aduen Alja

AdvokasiRakyat.id | Aceh Besar –  Penyerahan dan pembagian Zakat Fitrah bagi masyarakat Gampong Tungkob Kecamatan Darussalam usai sudah, hal itu sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan dari tanggal 27-29 April 2022. Proses penerimaan dan pembagian berlangsung di Meunasah Gampong Tungkob.

Penyerahan dan pembagian Zakat fitrah masyarakat Gampong Tungkob sudah terlaksana dengan baik sesuai jadwal yang telah dibagikan panitia Amil kepada masyarakat yang berhak menerima zakat, kata ketua panitia sekaligus Imum meunasah Gampong Tungkob Tgk. Ahmad Riziani kepada media ini, Sabtu 30 April 2022.

Tgk. Ahmad Riziani atau yang sering disapa Abon Yani mengatakan jumlah jiwa yang mengeluarkan zakat fitrah sebanyak 2.104 jiwa dari 458 KK, total beras yang diterima sebanyak 5. 594 Kg beras.

Lanjut Abon, masyarakat yang berhak menerima zakat fitrah Gampong Tungkob sesuai Ashnaf dibagikan dengan rincian untuk fakir 75 jiwa, Miskin 505 jiwa, fisabilillah dan ibnu sabil 73 jiwa, dan untuk Amil sebanyak 32 orang.

“Alhamdulillah penyerahan dan pembagian zakat fitrah berjalan lancar, kami apresiasi sebesar-besarnya kepada Amil yang bekerja secara kompak dalam mensukseskan kegiatan tersebut,” ucap Abon.

Kedepan jadwal penyerahan akan kita padatkan dan kita disiplinkan, kita buat 2 hari untuk proses penyerahan, dan pembagian 1 hari,.

“Tahun ini, Gampong Tungkob tidak menerima zakat fitrah dalam bentuk uang, hal itu untuk keseragaman, dan ini juga sebuah kemajuan dalam terobosan program Keuchik Dunia Akhirat, tutur Abon.

Keuchik Gampong Tungkob Muhammad Hamdi mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak terutama panitia atau Amil penyerahan dan pembagian zakat fitrah yang telah bekerja secara militan, semoga terus terjalin kekompakan dalam membangun Gampong.

Bagi masyarakat yang menerima zakat fitrah, agar dapat menjadikan spirit dalam beribadah, serta kedepannya bukan lagi sebagai penerima zakat, karena tidak lagi termasuk dalam Ashnaf, atau taraf kehidupan sudah meningkat, kata Hamdi alias Yahtum. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here