Home Barat Selatan HMTI UTU Gelar Kegiatan Mentoring Penulisan Karya Ilmiah

HMTI UTU Gelar Kegiatan Mentoring Penulisan Karya Ilmiah

18
0
HMTI UTU Gelar Kegiatan Mentoring Penulisan Karya Ilmiah. (*)
Laporan : Aduen Alja

AdvokasiRakyat.id | Meulaboh – Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Teuku Umar (HMTI-UTU) menggelar kegiatan Mentoring Penulisan Karya Ilmiah dengan tema “Menciptakan Generasi Muda yang Kreatif, Inspiratif, dan Inovatif dalam Menulis Karya Ilmiah”.
Kegiatan mentoring ini diadakan secara tatap muka di Aula Utama Universitas Teuku Umar dan diikuti oleh 20 Peserta yang berasal dari Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar diantaranya yaitu Mahasiswa Teknik Industri, Teknik Mesin, Teknik Sipil, dan Teknologi Informasi. Mentor dalam kegiatan ini adalah Rita Hartati S.Pd., M.Pd yang merupakan salah satu dosen dari Teknik Industri Universitas Teuku Umar.

Kegiatan mentoring penulisan karya Ilmiah ini diselenggarakan 3 sesi. Sesi pertama diadakan pada tanggal 27 Mei 2022 dengan agenda pembukaan acara dan dilanjutkan dengan mentoring, sesi kedua diadakan pada tanggal 04 Juni 2022 dengan agenda mentoring, dan sesi ketiga diadakan pada tanggal 06 Juni 2022 dengan agenda pemberian penghargaan kepada peserta terbaik dan penutupan acara.

Kegiatan yang berlangsung 3 sesi ini dibuka langsung oleh Ketua BEM Fakultas Teknik Andrian Alfatah yang dihadiri oleh Rita Hartati S.Pd., M.Pd (Mentor Kegiatan), Dosen-dosen Teknik industri, Ketua DPM Fakultas Teknik, Ketua HMJ lingkup Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar, dan seluruh peserta mentoring penulisan karya ilmiah.

“Kegiatan ini bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam menulis karya ilmiah yang baik dan benar, selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk membangkitkan minat mahasiswa yang telah banyak menurun untuk berkarya dalam menulis karya limiah” Ujar M.Nazir selaku Ketua Panitia

Sesi pertama kegiatan mentoring ini diikuti dengan penuh semangat oleh para peserta. Pada sesi ini peserta diberi pengarahan, pemahaman tentang karya tulis ilmiah, dan bagaimana cara menulis karya tulis ilmiah yang baik dan benar (27/05/2022)

Sesi kedua kegiatan ini berjalan dengan lancar. Pada sesi ini peserta diharuskan memiliki sebuah judul atau pokok permasalahan yang ingin dibahas. Peserta nantinya akan melakukan praktek langsung cara menulis Karya Tulis Ilmiah yang dibimbing langsung oleh mentor. Diakhir sesi peserta diharuskan membuat sebuah Karya Tulis llmiah, nantinya karya tersebut akan dinilai dan akan diambil 2 hasil karya terbaik (04/06/2022)

Penutupan acara ini dilakukan oleh BEM Fakultas Teknik yang diwakili oleh sekretaris BEM. Acara penutupan ini berjalan dengan semestinya dan dihadiri oleh Mentor, DPM, Ketua HMJ lingkup Fakultas Teknik UTU dan Peserta mentoring penulisan karya ilmiah (11/06/2022)

Wulan Defayan Aprilia, selalu Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Teuku Umar (HMTI-UTU) menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan program kerja dari Departemen Riset dan Pendidikan HMTI-UTU dimana dalam kegiatan ini peserta akan diminta untuk membuat sebuah karya tulis ilmiah dan nantinya akan dipilih 2 Karya terbaik dari seluruh peserta. Hasil karya peserta terbaik tersebut nantinya akan direkomendasikan untuk perlombaan di kegiatan HMTI-UTU kedepannya yaitu Industrial Competition (ICON).

“Harapan saya semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menambah minat mahasiswa dalam menulis karya ilmiah khususnya mahasiswa Lingkup Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar, serta menumbuhkan jiwa mahasiswa yang kreatif dalam berkarya, menjadi inspirasi bagi orang lain dalam menulis dan terus berinovatif dalam menciptakan sebuah karya yang baru”. Tutupnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here