Home Berita Utama MPBEN FKIP USK Kunjungi Universitas Brawijaya Untuk Jalin Kerjasama

MPBEN FKIP USK Kunjungi Universitas Brawijaya Untuk Jalin Kerjasama

9
0
MPBEN FKIP USK Kunjungi Universitas Brawijaya Untuk Jalin Kerjasama.(*)
Laporan : Aduen Alja

AdvokasiRakyat.id | BANDA ACEH – Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPBEN) FKIP Universitas Syiah Kuala jalin kerjasama dengan Program Studi Magister Ilmu Linguistik dan Pendidikan Bahasa Inggris di Aula Gedung Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya.

Nanang Endrayanto, M.Sc., Wakil Dekan I FIB dalam sambutannya menyampaikan apresiasi setinggi-tinggi nya kepada tim MPBEN FKIP USK terhadap kunjungannya dalam menjalin kerjasama dengan beberapa program studi yang ada di Fakultas Ilmu Budaya, UB.

“Kami menyambut baik dan apresiasi yang setinggi-tinggi nya kepada koordinator MPBEN FKIP USK dan Sekretaris jurusan pendidikan bahasa Inggris atas kunjungan nya dalam menjalin kerjasama dengan prodi terkait”, ujar Nanang pada Senin, 25 Juli 2022.

Nanang berharap kerjasama ini dapat berjalan lancar dengan berbagai program sebagaimana yang telah tertera dalam dokumen kerjasama.

Sementara, Dr. Iskandar Abdul Samad, koordinator prodi MPBEN USK menyampaikan bahwa MPBEN ingin belajar banyak dari S2 Ilmu Linguistik dan Prodi PBI terhadap best practice yang diterapkan di prodi nya dalam membantu mahasiswa kompeten dalam menulis thesis dan ujian thesis.

“Kami ingin belajar banyak tentang berbagai best practice yang dilakukan oleh para dosen di prodi S2 Ilmu Linguistik dan Prodi PBI terhadap peningkatan kompetensi mahasiswa saat proses penulisan thesis dan proses ujian akhir”, ucap Iskandar.

Iskandar menambahkan “Untuk memastikan keberlangsungan berjalannya best practice ini secara kontinyu maka kita akan ikat melalui PKS antar prodi”, tutup kaprodi MPBEN.
Ika Nurhayani, PhD, koordinator prodi S2 Ilmu Linguistik menyampaikan beberapa upaya yang telah dilakukan dalam membantu mahasiswa kompeten dalam penulisan thesis.

“Dalam upaya meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam menyelesaikan thesis, pihaknya mempersiapkannya melalui pengajaran pada mata kuliah riset, dan program pengayaan 3 in 1 yang tim pengajar terdiri dari expatriate dari luar negeri, praktisi dan dosen dengan durasi 40 jam”, tutupnya.

Selain dari itu, Ika juga menambahkan bahwa kurikulum yang telah disiapkan pada prodi yang dipimpinnya mengacu pada dunia kerja.

“Kurikulum pada prodi S2 Linguistik mengacu pada kebutuhan dunia kerja misalnya mempersiapkan lulusan menjadi guru bahasa, peneliti dan penerjemah”, tutur Ika.

Hadir di acara ini Nanang Endrayanto, M.Sc, Wakil Dekan 1 FIB; Dr. Ive Emaliana, M.Pd., ketua prodi PBI; Tantri Refa Indhiarti, MA, ketua BPPM; Sahiruddin, Ph.D, ketua departemen Bahasa dan Sastra; Ika Nurhayani, Ph.D, ketua prodi S2 Ilmu Linguistik, Dr. Saiful, sekretaris jurusan PBI USK dan sejumlah administrator FIB. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here