Home Berita Utama Ketua Kohati Badko HMI Aceh minta Mendagri sahkan Perempuan Aceh jadi PJ...

Ketua Kohati Badko HMI Aceh minta Mendagri sahkan Perempuan Aceh jadi PJ Bupati

7
0
Ketua Kohati Badko HMI Aceh minta Mendagri sahkan Perempuan Aceh jadi PJ Bupati. (*)
Laporan : Aduen Alja

AdvokasiRakyat.id | Banda Aceh – Di Akhir masa jabatan tiap kepala daerah di aceh, Kohati Badko HMI Aceh menilai pusat harus melihat secara komplek terkait pergantian kepemimpinan dalam konteks keterwakilan kaum perempuan.

“Apalagi saat ini, dari 20 Kabupaten Kota, ada 10 kabupaten Yang belum disahkan oleh mendagri sebagai PJ Bupati, dan ini memasuki waktu-waktu terakhir dalam proses pengesahan PJ Bupati” ujar Ketua Umum Kohati Badko HMI Aceh, Melati kepada Media, Senin (01/8).

Selain itu, pihaknya juga meminta kepada Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk menetapkan Pj kepala daerah di Aceh tidak hanya yang berkompeten, serta punya kapabilitas. Namun juga harus ada keterwakilan Perempuan Aceh dalam penentuan Pj Bupati di Aceh.

“Ini memiliki alasan yang kuat mengingat dalam periodesasi sejarah di aceh, kita telah membuktikan bahwa kehadiran perempuan dalam ruang-ruang kepemimpinan di Aceh telah terbukti secara konkret jika kaum perempuan memiliki kompetensi dalam melakukan kepempimpinan, melakukan perubahan, serta menerbitkan kebijakan-kebijakan yang mengedepankan asas-asas kepentingan rakyat,” ujarnya

Lanjut Melati, bila kita lihat perempuan aceh saat ini, jika kita lihat dari syarat Administrasi PJ Bupati, tentu tidak sedikit perempuan aceh yang punya pangkat Eselon 2 yang berarti cukup syarat. baik didalam aceh maupun di kementrian-kementrian lain, ini membuktikan bahwa Perempuan Aceh punya kapasitas baik secara intelektual ataupun kepemimpinan, khususnya di kabupaten Kota di Aceh .

“Terakhir, selaku salah satu perempuan aceh saya meminta kepada mendagri supaya mempertimbangkan ada keterwakilan perempuan aceh dalam penetapan pj bupati dari 10 kabupaten kota yang akan ditetapkan dalam waktu dekat, supaya ini bisa menjadi contoh kepada masyarakat bahwa banyak perempuan yang bisa mengisi jabatan-jabatan penting di aceh dan mampu menjalankan roda kepemimpinan dengan penuh tanggung jawab”, tutupnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here